mudahnya belajar bahasa korea

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]

cara cepat belajar bahasa korea secara otodidak

Setelah sebelumnya sudah pernah menulis artikel tentang beberapa tips/ cara tentang belajar bahasa korea. Pada artikel hari ini "i go seoul" kembali berbagi lagi tentang tips/cara yang tidak begitu jauh berbeda karena tujuannya pun sama, yaitu untuk belajar bahasa korea. Tema artikelnya yaitu # cara cepat belajar bahasa korea otodidak#.
Setiap proses membutuhkan waktu. Kemampuan seseorang juga berbeda dalam memahami dan menyerap ilmu. Ada yang cepat dan juga ada yang kurang cepat. Namun setidaknya dengan tips berikut, diharapkan agar bisa memberikan dampak positif bagi chin-gu dari cara-cara yang pernah dicoba dan dirasa kurang berdampak signifikan untuk pembelajaran bahasa korea.

Apa saja poin-poin penting yang perlu dilakukan agar "cepat menguasai bahasa korea".
Wes, tenang bae....
Berikut adalah poin yang perlu diperhatikan bagi para pelajar Bahasa Korea (Secara Otodidak) agar cepat menguasai bahasa korea.

 1. Kuatkan "niat dan tekad"!

Tata terlebih dahulu mengapa chin-gu sangat ingin belajar bahasa korea. Dengan niat tekad dan kemauan yang tertata rapih, dimaksudkan agar pondasi tidak mudah goyah. Karena kadang semangat mudah luntur tanpa ada niat yang kuat.

 2. Marilah berlatih mengucapkan kata dasar.

Berlatih mengucapkan kata sederhana seperti Angka, kata kerja, kata benda, kata tanya dan juga (kalimat ) ungkapan sederhana dalam bentuk bahasa korea perlu dipelajari dan sangat penting untuk perkembangan kegiatan belajar bahasa korea. Dalam tahap / cara ini, juga sangat dianjurkan untuk meningkatkan minat belajar BaKor (bahasa korea). Dengan lancar menggunakan cara ini, diharapkan agar kelak mahir mengucapkan kalimat yang lebih kompleks.

 3. perbanyak kosakata.

Memanfaatkan mesin google, chin-gu bisa mencoba belajar secara online untuk mencari kosakata bahasa korea. Tidak usah memasang target yang berlebihan untuk menghafal kosakata bahasa korea. Meski hanya beberapa kosakata yang bisa di hafal per hari nya, yang penting berkelanjutan.
Dan juga bukan hanya menghafal, tapi juga sebaiknya paham apa arti kata korea tersebut bila diterjemahkan kedalam bahasa indonesia.
*Kosakata* merupakan modal untuk percakapan (sehari-hari).

 4. pelajari tata bahasa.  

Pada cara yang ke-empat ini ialah mempelajari tata bahasa korea. Bila bekal kosakata dirasa sudah cukup untuk dirangkai, mulai lah ber-eksperimen merangkai kata hingga terbentuklah kalimat. Entah itu kalimat masa sekarang (present tense), masa lampau (past tense) atau masa akan datang (future tense). Bertahap dan berkesinambungan.
Jangan segan untuk membeli buku tebal sekalipun untuk kualitas belajar yang lebih baik. Bila perlu belajar di lembaga kursus bahasa korea bila memungkinkan.

 5. sering membaca artikel yang bertuliskan menggunakan 한글 (HanGeul)

Cobalah membiasakan mata dengan membaca artikel berbahasa korea ataupun berita online atau mungkin buku asli bertuliskan HanGeul korea. Berbekal kosakata yang telah dihafal, paling tidak ada beberapa kata yang dimengerti. Wajar, karena chin-gu masih sangat pemula & ini adalah tahap belajar juga. Paling tidak dengan sering membaca artikel bertuliskan HanGeul dimaksudkan mendapat gambaran bagaimana susunan kalimat yang baik dan benar dalam bahasa korea.
Ada lagi nih, cari tempat yang nyaman untuk belajar dan membaca artikel yang sedang dipelajari, agar betah dan nggak cepet bosan.

 6. *Listening* percakapan bahasa korea (bakor).

Ada banyak cara untuk melatih pendengaran agar lebih paham dan juga tau bagaimana cara mereka (orang korea) mengucapkan suatu kata dan kalimat dalam bahasa korea. Chin-gu bisa mencoba *download* kosakata mp3 atau menyimak berbagai macam berita berbahasa korea di situs-situs populer di internet.
Kenapa perlu latihan *listening (듣기)* ? Orang korea menggunakan intonasi yang unik dalam tiap percakapan. Bila telinga belum terbiasa, akan sulit rasanya untuk paham apa yang mereka ucapkan.
Bila chin-gu belajar di sebuah lembaga, dan ada native-korea nya, jangan sia-siakan kesempatan untuk berlatih bercakap-cakap menggunakan bahasa korea dan ini berkaitan dengan cara yang selanjutnya, yaitu. ....

 7. Berlatih berbicara menggunakan bahasa korea.

Tanpa mempraktekkan ilmu bahasa korea yang didapat dengan cara berbicara menggunakan bahasa korea, mana mungkin bisa lancar? Walau sedikit-sedikit, mempraktekkan menjadi hal yang lazim agar lancar berbahasa korea.

 8. 힘내세요

Tetap semangat dan jangan menyerah. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Sekarang chin-gu sudah memulainya. Dan itu arti nya sudah memulai langkah lebih cepat dari yang belum sama-sekali :) . Semua butuh proses dan waktu. Belajarlah secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

 9. Jangan takut mempraktekkan bahasa korea

Kenapa takut berbahasa korea? Misalnya bila chin-gu sudah bisa (lancar) merangkai kalimat ke dalam bentuk bahasa korea namun tidak berani untuk bercakap-cakap/mengobrol dengan mereka (orang korea), apa nanti takut dicaci atau di maki? Mereka bisa menghargai kok niat chin-gu untuk mempelajari dan berlatih menggunakan bahasa korea. Jadi, jangan takut menggunakan bahasa korea. 할수있어요 !

10. Konsisten

Seperti ilmu pelajaran yang lain, bila ilmu b.korea yang telah didapat tanpa diasah atau dipakai, lambat laun akan pudar. Untuk menjaga agar ilmu tetap tersimpan rapi dalam ingatan, tetap berlatih dan bila perlu mengulang materi pelajaran yang sudah pernah dipelajari.
Dan lagi, jangan lupa atur jam tidur chin-gu. ini juga penting untuk menyerap materi pembelajaran yang diperoleh selama seharian. Otak juga perlu istirahat untuk belajar lebih efektif.


Bailklah, Itulah tadi artikel tentang # cara cepat belajar bahasa korea otodidak# versi "i go seoul".
Semoga bermanfaat

다음에 만나요...